Senin, 15 April 2013

Sejarah Berdirinya The MATe


By on 22.06

The MATe (The Mathemathic Adventure Team) merupakan satu satunya organisasi pecinta alam yang berada di kampus Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. The MATe merupakan organisasi pecinta alam yang kedudukanya sama dengan Mapala-Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) lain yang sudah ada sebelumnya, meskipun masih muda usianya The MATe tetap mempunyai semangat untuk menjunjung tinggi kode etik pecinta alam se-Indonesia serta turut  menjaga dan melestarikan alam semesta yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa guna mensyukuri nikmat ciptaan-Nya.
Dengan berdirinya Wanadri dan Mapala UI di Indonesia, organisasi-organisasi pecinta alam mulai bermunculan, di Universitas Negeri Semarang sendiri diperkirakan ada beberapa organisasi  yang menamakan dirinya organisasi Pecinta Alam, The MATe merupakan salah satu yang ada. Hingga saat ini, mungkin organisasi Pecinta Alam diperkirakan sudah ribuan jumlahnya, bahkan bisa lebih. Sejarah tentang dunia petualangan indonesia sangat banyak sekali jika kita bicarakan, belum lagi sejarah petualangan dunia. Alangkah lebih baiknya kita ketahui dahulu sejarah dari berdirinya The MATe sebelum kita lebih jauh lagi bergabung dengan para petualang matematika di The MATe.
The MATe sudah ada sejak Tahun 2002, dengan dipeloporinya 3 mahasiswa Staterkom angkatan 2002. kami bertiga kebetulan mempunyai hobi yang sama yaitu berpetualang atau naik gunung istilahnya, minimal gunung yang ada di Jawa Tengah tidak luput dari jejak kaki kami bertiga dalam menghimpun dan mempererat hubungan kami. Dengan dasar itulah lalu bermunculan ide untuk mendirikan suatu organisasi pecinta alam di kampus matematika. The MATe mulai resmi berdiri sejak tanggal 19 Desenber 2003 dengan adanya SK dari jurusan matematika dan ketua Himatika angkatan 2000 sebagai organisasi underbow ke- 5 di lingkungan kampus matematika, tentu saja setelah mendapat ijin dari Bapak Ketua Jurusan dan setelah melalui peoses panjang para perintisnya. Tanggal 19 Desember merupakan hari bersejarah bagi The MATe, dan sebagai tanggal diperingatinya kelahiran The MATe.
Angkatan perintis yang bernama Ictinaetus Malayensis yang semula 3 orang dari mahasiswa staterkom, untuk mengembangkan organisasinya maka perlu ditambah personil lagi guna mempersiapkan angkatan-angkatan berikutnya agar The MATe lebih maju lagi dan tidak berhenti perjuangan The MATe untuk ikut serta dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita semua. Kemudian personil The MATe ditambah 6 orang lagi dari 4 mahasiswa staterkom (1 dari Ak.2001 dan 3 dari AK. 2002), 1 mahasiswa pendidikan matematika ( AK.2002) dan 1 mahasiswa matematika ( Ak.2001).
 Penambahan personil dari 3 orang menjadi 9 orang tersebut didasarkan pada keinginan yang sama untuk mendirikan organisasi pecinta alam dilingkungan kampus religi matematika, selain itu juga mempunyai komitmen bersama yang kuat untuk menentukan nama, lambang, bendera sebagai kelengkapan organisasi dan tentunya semangat kita untuk membentuk generasi-generasi petualang matematika di dalam The MATe. Sehingga dari 9 orang tersebut dianggap sebagai tim perintis The MATe yang mengatasnamakan angkatan Elang Hitam (Ictinaetus Malayensis).
Setelah terbentuk tim dari 9 orang tersebut, tim Elang Hitam memulai program kerjanya di Underbow pecinta alam dengan mencari dosen yang mau menjadi pembimbing The MATe, maka dipilihlan dosen paling cakep kala itu ialah Bapak Arief Agoestanto yang hingga sekarang masih setia bersama The MATe. Dengan berjalannya waktu kami menentukan nama organisasi kami dengan nama The MATe, yang artinya The Mathemathic Adventure Team, simpelnya adalah hanya organisasi yang ada di kampus matematika yang bergelut dalam kegiatan alam bebas. Setelah nama ditentukan langkah selanjutnya adalah membuat lambang dan bendera The MATe. Lambang The MATe berbentuk lingkaran dengan gambar gunung, aliran air, mata angin, tapak kaki dan tulisan The MATe serta HIMATIKA FMIPA UNNES. Sedangkan bendera The MATe berbentuk persegi berwarna merah dengan lambang ditengahnya.
Sedangkan nama Ictinaetus Malayensis adalah nama angkatan kami yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Elang Hitam. Nama ini sangat bermakna sekali, kala itu populasi burung elang hitam yang ada di Jawa di wilayah Gunung Merapi mulai berkurang jumlah populasinya karena kasus pencurian hewan langka, elang hitam termasuk burung langka dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi sekali. Waktu bertelurnya saja memerlukan waktu satu hingga dua tahun belum lagi waktu menetasnya, waktu yang cukup lama sekali. Selain itu habitat elang hitam yang ada di kawasan tersebut mulai sedikit punah dengan adanya penambangan-penambangan ilegal. Dengan dasar tersebut kami tim sembilan orang tidak ingin punah atau dalam arti kata berhenti ditengah jalan, kami akan berusaha untuk tetap menjaga populasi elang hitam agar tetap ada dan terhindar dari kepunahan.
Awal tahun 2004 kami memulai dengan kegiatan diksar dan diklat untuk angkatan pertama The MATe. Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 7 bulan, mulai dari penerimaan anggota baru, materi ruang, praktek di lapangan, kegiatan XPDC hingga ke pengukuhan. Angkatan pertama di The MATe, yang berhasil mengikuti pengukuhan berjumlah 19 orang, sama dengan tanggal kelahiran The MATe. Angkatan pertama ini bernama Musa Paradisiaca  yang artinya adalah pohon pisang, maksud dipilihnya nama ini harapannya adalah angkatan pertama The MATe akan melahirkan tunas-tunas baru di The MATe, yang tidak pernah mati seperti pohon pisang.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

1 komentar:

  1. joss :)
    meskipun fisik kami hancur tetapi tetap ada semangat dalam jiwa kami

    BalasHapus